kartun-muslimahManajemen News. KULIAH enggak selalu menyenangkan. Belum lagi jika kita bertemu mata kuliah yang sulit dikuasai atau tidak sesuai minat. Datang ke kampus saja rasanya malas, apalagi meraih nilai bagus.

Eits, jangan menyerah dulu! Masih ada harapan, kok! Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantumu.

Langkah pertama adalah mengakui bahwa kamu membenci mata kuliah itu. Akui juga bahwa akan sulit menjalani mata kuliah ketimbang kelas lainnya. Umumnya, semakin tidak menyukai mata kuliah, kita akan semakin malas untuk mencapai keberhasilan di bidang tersebut. Cara menyiasatinya, bagi waktu dengan adil untuk mengerjakan semua tugas dari setiap mata kuliah. Percayalah, perencanaan seperti ini bisa membantumu menyelesaikan kewajiban di mata kuliah yang tidak disukai tersebut.

1. Sukai Gaya Dosen Mengajar dan Cobalah Beradaptasi
Dosen adalah seseorang yang akan menyampaikan materi, yang akan membagikan ilmunya kepada kamu. Setiap dosen memang memiliki ciri khas masing-masing saat mengajar. Namun bagaimanapun gaya dosen dalam mengajar cobalah untuk menyukainya dan cobalah beradaptasi. Jangan sampai karena kamu tidak suka dengan gaya mengajarnya membuat kamu tidak suka mengikuti pelajarannya, menjadi tidak serius, bahkan seperti menutup telinga. Hal ini justru akan semakin menjauhkan anda dari yang namanya mengerti. Apapun yang terjadi lawanlah rasa tidak sukamu. Suka memang tidak dapat dipaksakan tapi cobalah untuk tidak menaruh benci. Oke oke.. 🙂
2. Luruskan Niat dan Teguhkan Niat
Segala sesuatu tergantung pada niatnya. Nah sekarang coba tanya dirimu sendiri. Apa yang menjadi niatmu kuliah? mencari ilmu? menuntut ilmu? atau mencari yang lain? Nah cobalah untuk meluruskan niat dan teguhkanlah niat.
Jika memang kamu kuliah untuk menuntut ilmu, pelajaran yang tidak kamu sukai itupun adalah ilmu, yang apabila kamu tetap melawan rasa tidak suka kamu tetap akan mendapatkan pahala sebagai gantinya. Cobalah untuk ikhlas dan ikuti pelajaran tersebut dengan baik. Lama-lama kamu akan terbiasa dan mampu beradaptasi dengan baik. Bisa jadi dengan cara ini kamu akan mendapatkan solusi jitu sendiri untuk mengatasi sulitnya mengikuti pelajaran tersebut.
3. Ingatlah Orangtuamu
Jika sekarang kamu memikirkan hal sulit mengikuti pelajaran dan kamu memilih untuk tidak serius bahkan menghindarkan dirimu dari sulitnya mengikuti mata pelajaran. Cobalah ingat orangtuamu, mereka berjuang, mengeluarkan keringatnya untuk bekerja dan membiayaimu sekolah. Apakah kamu tidak kasian pada mereka? mereka berjuang! sedangkan kamu menyerah karena hal yang menurutmu itu sulit. Renungkanlah!
4. Membiasakan Diri
Menghindarkan diri dari masalah tidak akan menyelesaikan masalah bukan? Misalnya kamu sulit mengikuti mata kuliah Matematika Ekonomi, sehingga menjadikan kamu tidak menyukai mata kuliah tersebut bahkan kamu membencinya. Ketika kamu menghindarkan diri kamu, tidak serius mengikuti pelajaran, nahkan main main di kelas dan tidak mendengarkan penjelasan dosenmu. Kamu justru akan semakin jauh tertinggsl, sulit berkembang bahkan akan semaikn menjauhkan dirimu. Bukan solusi yang akan kamu dapatkan bila kamu seperti itu. Namun cobalah untuk membiasakan dirimu, ikhlaskan dirimu. Berjuanglah!
Menjadi seorang akan lebih hebat dilakukan daripada menyerah dan menghindar dari masalah.
5. Bersabar
Sabar itu indah bro. Indahnya kapan? ya sabar aja. hehe.
Saat menemukan kesulitan mengikuti pembelajaran di kelas. Bersabarlah, teruslah berjuang teruslah mencoba, dan teruslah untuk mencari kenyamanan yang kamu inginkan. Carilah hal yang sekiranya akan membuatmu menyukai mata pelajaran tersebut. Suatu saat nanti kesabaranmu pasti akan membuahkan hasil yang baik.
6. Berbagi dengan Sahabatmu
Berbagilah dengan sahabat dekatmu mengenai kesulitanmu. Memiliki sahabat itu indah bro. Cobalah berbagi dengannya, dengarkan nasihatnya. Dan carilah solusi jitu bersama. Mungkin sahabatmu dapat membantu mengatasi masalahmu. Tidak menyukai salah satu mata pelajaran itu masalah lho, jadi jangan angga remeh yah. hhe
Itulah ulasan Cara Mudah Menyukai kuliah yang Tidak Disukai yang bisa Tips Ciamik bagikan. Tetap semangat, dedikasikan dirimu untuk terus belajar dan belajar. Tidak ada orang yang berbakat, yang ada itu orang yang terus belajar. Semoga sukses. 🙂
[sgmb id=1]

Cara Mudah Menyukai kuliah yang Tidak Disukai